Interview with Coreana Agashi

Puteri Indonesia 2009 Finalist, DKI 6


Kesan pertama tentang Coreana Agashi, cantik dan ramah. Maka tidak heran gadis ini memiliki begitu banyak teman dari berbagai kalangan. Mellyana’s Guardians (MG) beruntung bisa mendapatkan kesempatan pertama mewawancarai Agashi –demikian sapaannya- semenjak ia terpilih sebagai Finalis Puteri Indonesia 2009 mewakili provinsi DKI Jakarta 6. Kesan berikutnya yang muncul, she’s a street-smart girl who knows her mind. Agashi mudah sekali mencurahkan ide dan gagasannya tentang segala hal. Senang bisa mengetahui isi hati dan pikiran pemilik nama unik yang diartikan sebagai gadis Korea. Anda tentu ingin tahu juga bagaimana isi hati gadis kelahiran Jakarta, 19 November 1989 ini? Simak wawancara khusus kami dengan Coreana Agashi berikut ini.


Mellyana’s Guardians (MG): Gempa di Jawa Barat. Apa pendapat Anda?

Coreana Agashi (CA): Gempa bumi merupakan tanda dari kebesaran Tuhan, yang merupakan musibah atau bencana bagi manusia yang mengalaminya. Sebagai penduduk yang tinggal di daerah rawan gempa, khususnya Jawa Barat hanya bisa mengantisipasi sebelum terjadinya gempa susulan. Badan atau lembaga yang menangani masalah gempa dan tsunami bekerja dengan aparat terkait sampai ke desa-desa diharuskan memberi informasi atau cara-cara penanggulangan bencana gempa dan pasca gempa, termasuk distribusi bantuan kepada korban. Saya melihat, membaca, serta mendengar di media bahwa pencatatan untuk penanganan gempa sangat minim seperti contoh bantuan peralatan kesehatan. Untuk itu saya menyarankan kepada pemerintah supaya selalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat umum utamanya di daerah rawan gempa untuk membangun rumah yang tidak berbahaya, seperti rumah kayu atau jika lokasi rumahnya di sekitar tebing untuk menyiapkan peralatan-peralatan serta latihan evakuasi dan pasca evakuasi. Gempa yang terjadi di Jawa Barat ini berlokasi di sekitar 142 km barat daya Tasikmalaya di kedalaman 30 km dibawah Samudera Indonesia yang berkekuatan 7,3 pada Skala Richter (SR). Diyakini mengakibatkan kerugian material maupun korban jiwa yang cukup banyak. Kendati pencatatan tentang gempa minim, saya terharu melihat kerja keras masyarakat dan aparat seperti TNI dan DSB secara gotong royong membantu para korban yang mengalami bencana tersebut. Saya sangat berterima kasih kepada mereka dan bangga karenanya.


MG: Anda mewakili DKI Jakarta, menurut Anda apa kelebihan provinsi Anda dibanding yang lain?

CA: Jelas sekali DKI Jakarta mempunyai kelebihan dibanding provinsi lain. DKI adalah Ibu Kota Negara, jantungnya Indonesia, dimana hampir semua aktivitas administratif dipusatkan disini. Secara infrastruktur, penduduk DKI juga lebih mudah untuk mendapatkan akses atau memenuhi kebutuhan yang diinginkan dibandingkan provinsi lain.


Saya bukan manusia sempurna. Tentunya wajar banyak kekurangan dari diri saya. Salah satunya saya


MG: Rumor yang mengatakan DKI Jakarta mendapat 'privilege' meloloskan lebih banyak finalis, Anda anggap benar atau salah?

CA: Rumor itu ada dan telah saya dengar. Tetapi menurut saya wajar, karena penduduk DKI padat dan peserta pemilihan Puteri Indonesia begitu banyak jika dibandingkan provinsi lain.


MG: Anda pasti sudah banyak mendapat pujian dari orang lain. Sekarang sebutkan kekurangan Anda yang sampai sekarang belum bisa dibenahi.

CA: Saya bukan manusia sempurna. Tentunya wajar banyak kekurangan dari diri saya. Salah satunya saya.


MG: Sebagian orang menganggap inner beauty lebih penting. Di luar kompetisi pageant, apakah physical beauty lebih penting bagi Anda?

CA: Ya, sebagian orang menganggap inner beauty lebih penting dan saya termasuk dari orang-orang tersebut. Diluar kompetisi pageant saya tetap menganggap inner beauty lebih penting dan kalau bisa keduanya dimiliki oleh setiap orang. Puteri Indonesia idealnya mempunyai inner beauty dan physical beauty yang baik.


Diluar kompetisi pageant saya tetap menganggap inner beauty lebih penting dan kalau bisa keduanya dimiliki oleh setiap orang


MG: Deskripsikan pilihan gaya/ fashion Anda.

CA: Saya sangat simpel dan tidak terpengaruh oleh zaman. Saya berpakaian sesuai dengan keadaan tentunya, mungkin pilihan gaya saya bisa dibilang cenderung chic dan simpel.


MG: Siapa Style Icon Anda? Apa kualitasnya menurut Anda?

CA: Jujur saya tidak mempunyai style icon. Tetapi saya sangat mengagumi Leslie Feist, penyanyi asal Kanada. Liriknya yang simpel tetapi sangat mengena meninggalkan kesan yang begitu dalam di hati saya. Gayanya berpakaian juga sangat simpel dan chic tetapi selalu up to date.


MG: Apa yang akan menjadi jawaban Anda seandainya orang mempertanyakan potensi Anda di Puteri Indonesia 2009?

CA: Sejak kecil saya sangat cinta dengan budaya Indonesia terutama seni tari. Kemampuan tari inilah yang membawa saya menjadi pemenang GADIS Sampul pada tahun 2003. Insya Allah saya mampu untuk menjadi duta di bidang seni dan pariwisata di luar negeri dan itu bagian dari cita-cita saya sejak kecil.


Sejak kecil saya sangat cinta dengan budaya Indonesia terutama seni tari


MG: Aktivitas apa yang paling sering Anda lakukan belakangan ini?

CA: Sekarang saya berkuliah di Fakultas Hukum Unika Atmajaya semester lima. Diluar itu, aktivitas sehari-hari saya dipadati dengan latihan menari, menyanyi, piano dan Salsa. Apabila ada waktu senggang saya akan menyempatkan diri ke gym dan berkumpul dengan keluarga dan juga sahabat-sahabat saya.


MG: Selain menjadi model, apa bakat lain Anda yang menonjol?

CA: Bakat lain yang saya miliki tentu bidang tari. Saya bisa menari Bali, Betawi, Jaipong, Jawa, Padang, Saman dan Salsa. Selain itu saya suka memainkan piano dan bernyanyi.


MG: Utarakan pikiran Anda melihat Indonesia saat ini.

CA: Saat ini saya melihat Indonesia seperti ini. Pertama, Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Negara yang sangat kaya dengan keanekaragaman budaya, suku, bahasa, serta kaya dengan melimpahnya hasil kekayaan alamnya, keindahan alamnya, luas lautan dengan ribuan pulau-pulau yang ada. Kita akan menjadi negara yang sangat besar jika kita berkomitmen dengan cita-cita para pendiri bangsa yang sangat luar biasa biasa, seperti yang tertera dalam UUD 45 dan Pancasila. Saya meyakini Indonesia akan menjadi negara yang amat disegani di dunia. Tentunya tidaklah mudah untuk mencapai hal tersebut dan saat ini Indonesia sedang menuju kesana. Meski demikian, negara kita juga masih sering menemui hambatan-hambatan di berbagai bidang, utamanya pelanggaran hukum dan kerusakan lingkungan. Kedua, Indonesia saat ini bisa disebut sebagai negara yang relatif aman. Terbukti dengan tetap banyaknya turis yang datang ke Indonesia. Meskipun masih ada gangguan dari teroris tetapi aparat keamanan bergerak cepat mengungkap jaringannya. Sebagian besar pelaku sudah tertangkap dan dihukum sesuai Undang-Undang. Saya yakin untuk masa kedepan Indonesia akan lebih demokratis, aman dan menjadi negara yang diperhitungkan di dunia.


Saya yakin untuk masa kedepan Indonesia akan lebih demokratis, aman dan menjadi negara yang diperhitungkan di dunia

MG: Siapa yang paling berjasa mengantarkan Anda hingga sampai pada posisi sekarang?

CA: Saya sangat beruntung sekali memiliki kedua orang tua dan kedua kakak saya. Mereka merupakan pendukung paling setia dalam hidup saya. Begitu pula sahabat-sahabat yang selalu ada untuk saya. Dan saya amat bersyukur masih berada diantara orang-orang yang sangat saya sayangi.


MG: Pantai atau gunung? Kapan terakhir Anda kesana?

CA: Pada liburan semester Juli lalu, saya dan teman–teman berlibur ke Lombok. Seperti yang kita ketahui bahwa Lombok sangat kaya dengan keindahan lautnya. Lombok benar-benar menawan. Saya menikmati wisata ke Pulau Gili Trawangan. Kami juga sempat snorkeling dan melihat keindahan alam bawah laut yang begitu memukau. Kita harus bangga dengan kekayaan alam yang negara kita punyai. Kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke negeri orang. Cukup di dalam negeri sendiri, karena kita punya tempat wisata yang jauh lebih indah.


MG: Sebutkan Puteri Indonesia favorit Anda.

CA: Puteri Indonesia favorit saya adalah Angelina Sondakh. Ia memiliki Beauty, Brain and Behaviour. Terbukti dengan prestasinya dalam menggeluti dunia politik di Indonesia. Dan suatu hari saya ingin seperti itu.


Saya bukan manusia yang sempurna dan tentunya punya batas. Pertanyaan yang paling saya takuti adalah pertanyaan yang diluar batas kemampuan saya


MG: Pertanyaan apa yang paling Anda takuti di kompetisi Puteri Indonesia 2009?

CA: Saya bukan manusia yang sempurna dan tentunya punya batas. Pertanyaan yang paling saya takuti adalah pertanyaan yang diluar batas kemampuan saya.


(MG/060909: Thanks to Coreana Agashi yang sangat kooperatif selama interview ini berlangsung)

5 comments:

Anonymous said...

agashi, lo smart abis
cia yoooo


vino

Anonymous said...

She's sweet & adorable. Wish her all the best

i love u Agashi,

Robs

Anonymous said...

GO SABHIIII (QQ)

Anonymous said...

achi i love u fullll

Unknown said...

Lui..maju terus!!!
sukses buat karirnya yup..

-bayu "hartanto"-