PERGI!!! A New Chapter in My Life

Di suatu hari yang entah kapan gue udah lupa, yang jelas waktu itu gue lagi nonton TVRI acara ANEKA RIA SAFARI, gue ngeliat beberapa penyanyi yang tampil membawakan lagu-lagu dari pencipta yang sama: RINTO HARAHAP dan A. RIYANTO. Gue lantas mikir, emangnya pencipta lagu hanya mereka aja ya ? Koq semua penyanyi bawain lagu mereka ? waktu itu tentu saja otak gue terlalu naif untuk mikirin industri musik yang memang mengenal kata hitsmaker. Gak kepikiran gue kalo composer di Indonesia jumlahnya seabrek, tapi yang jadi hitsmaker dan jaminan mutu jualan hanya segelintir, termasuk om Rinto dan om Keliek pada masanya.

Dari situ, entah kenapa, gue mulai mikirin untuk jadi pencipta lagu. Dengan kesederhanaan pola pikir gue yang masih pake seragam putih merah, gue cuma pengen suatu hari nanti nama gue tercantum di TV sebagai pencipta lagu di acara Aneka Ria Safari. Gue mulai coba-coba bikin lagu berdasarkan daya ingat karena waktu itu gue belum bisa main alat musik apapun (sekarang juga cuma gitar sih dikit-dikit). Jadi gue bikin lirik, terus gue kasih melodi dan gue ingat-ingat melodi itu di kepala gue, dan gak kepikiran untuk ngerekamnya di tape recorder. Lagu pertama gue judulnya AYAH, lagu sedih tentang rasa kangen gue sama bokap yang waktu itu belum lama wafat. Sayangnya karena gak di file dan memori otak gue barangkali buruk, lagu bersejarah itu gak bisa gue inget lagi melodi dan liriknya. Yang gue ingat adalah lagu kedua yang gue bikin, judulnya ADIK KECIL. ini murni ngarang abis karena gue bontot gak punya adik. Yang ini gue masih inget sampai sekarang. Begini liriknya:

AKU PUNYA ADIK KECIL SANGAT LUCU DIA. TIAP HARI DIA SELALU MEMBUAT TERTAWA. JANGAN MENANGIS ADIKKU, AKU SELALU MENGHIBURMU. PABILA ENGKAU MENANGIS, MENYUSAHKAN IBU…

Gue bangga banget bisa bikin lagu ini. Tapi kemudian sebel abis pas sadar ternyata melodi lagu ini sama plek dengan lagu Natal MARY’S BOY CHILD. Batal deh bikin karya masterpiece. Gue sendiri heran koq otak gue bisa keracunan melodi lagunya BONEY M ya ? Padahal sampai hari ini gue apal lagu itu juga gak :)

Gara-gara itu kemudian gue malah rajin bikin parodi dari lagu-lagu ngetop. tapi jangan bayangin parodinya yahud ala P Project, namanya juga anak SD. Bersama ESTI, sodara gue yg juga temen sekelas, kita acak-acak lagu-lagu artis Jeka Records yang saat itu lagi merajai industri musik. Parodinya juga asal dan bersifat ‘intern’ antara gue ama Esti, jadi yang bisa ngakak kalo nyanyiin lagunya cuma kita berdua karena yang tahu artinya memang cuma kita. Misalnya…

BIARLAH HANYA UNTUKMU KUNCUNG.. KUBERI KAU MAKAN GENDHOT KANGKUNG.. KAU CENIL TEMANKU PALING CENTIL, YANG PERNAH MEMAKANI KERIKIL..

Itu adalah parodi bagian reff dari lagu MERIAM BELLINA berjudul UNTUK SEBUAH NAMA. asal dan naif, meaningless buat orang lain tapi buat gue sama esti ada artinya, karena KUNCUNG, GENDHOT, CENIL dan beberapa lagi itu adalah nama julukan buat orang-orang di sekeliling kita. daripada nyela atau nyindir pake nama asli, mendingan kita bikin lagu parodinya dengan nama samaran. hahaha… kecil-kecil udah tengil ya ternyata

Masa masa SMP udah kenal nge-band dan cipta mencipta lagu ini jadi hal yang lumayan diseriusin. setidaknya beberapa lagu di era ini dibikin dan dinyanyiin di beberapa acara sekolah seperti perpisahan kelas 3 atau ketika dapet kesempatan on air di RRI. Boleh dibilang di era ini bakat gue udah mulai mendapatkan penyaluran, meskipun belum kesampaian dan malah sudah mulai mikir agak-agak mustahil nama gue bisa muncul di credit title lagu di acara Aneka Ria Safari.

Lepas SMP impian jadi komposer kemudian pelan-pelan lenyap. Udah mulai gede dan mikir realistis. Even ikutan lomba semacam LCLR yang waktu itu mulai marak lagi, lagu gue gagal dengan sukses di ajang itu, ditambah gue emang gak bisa main musik dan gak bisa baca apalagi nulis partitur. Gue akhirnya menyimpan keinginan itu di alam bawah sadar, barangkali nunggu sebuah ‘colekan’ kecil dan hasrat itu bakalan mengapung keluar.

Colekan itu adalah sebuah hari di bulan Mei 2000. Waktu itu gue diajak MELLY MANUHUTU ke studionya GUEST MUSIC di Pondok Indah. Melly lagi dalam proses workshop untuk bikin album keempatnya. Rencana awal gue cuma pengen liat aja gimana prosesnya. Tapi pas gue ada disitu, gue tiba-tiba gatel pas denger sebuah demo lagu yang dibikin TORI SUDARSONO. Lagu itu masih dalam bentuk musik dasar, udah ada melodi tapi belum ada liriknya. Gue tiba-tiba bilang “sini liriknya aku yang bikin!”. Dan dalam tempo singkat, boleh jadi karena excited, lirik lagu itu jadi dan diberi judul LAMA MENANTI. Mungkin kak Tori seneng dengan hasilnya, jadi gue dikasih kerjaan rumah dengan ngasih beberapa melodi tanpa lirik yang harus gue selesaiin jadi lagu utuh. tentu aja gue sikaaat… dan takjub sendiri gue ketika lagu-lagu itu akhirnya direkam beneran di albumnya Melly.

Tapi tidak semudah itu…

Album melly itu gak kunjung dirilis. Entah nyari timing, entah lagu jagoan yang belum dapet. Tapi kak Tori tetep ngasih kerjaan bikin lirik, malah kemudian gue bikin melodi dan lirik juga dari musik dasar yg dibikin kak Tori. Sempet bikin demo lagu untuk beberapa penyanyi dari AGNES MONICA, RONNIE SIANTURI, JOY TOBING sampai AB THREE tapi mungkin gue belom hoki. Lalu gue sempet girang pas 2 lagu gue direkam sama ORBAR AMPUTRA, penyanyi era 80an yang lagi comeback.

Tapi album orbar itu juga gak pernah dirilis… sekalinya dia rilis single.. bukan lagu gue :(

Tahun 2004 DJ SUMANTRI dilibatkan di proyek album Melly itu. Beberapa lagu yang sudah jadi di re-arrange, plus 2 lagu baru dibikin. Satu lagu dibikin sama GLENN FREDLY dan satu lagu lagi gue yang bikin. Lagu bikinan gue itu judulnya PERGI!!!, dan pas gue denger hasil jadi rekamannya gue sampe speechless saking gak nyangkanya bakal diaransemen gitu. Gue tambah girang lagi pas kemudian album Melly itu di mastering, Melly juga udah photo shoot buat cover album…

Tapi album itu gak dirilis-rilis juga….

Sampai di awal 2012..  saat gue udah hopeless dan ngelupain proyek album melly… tiba-tiba dari ngobrol-ngobrol iseng, tercetus keinginan untuk rilis single, secara jualan album hari gini seakan nyari mati. Diskusi sana-sini… akhirnya diputuskan untuk rilis lagu PERGI!!! jadi single yang diluncurkan melly buat comeback setelah 12 tahun vakum. awalnya gue santai-santai aja, gak mau terlalu excited secara udah tertunda lama banget. Tapi ternyata kesantaian itu tidak sesantai dugaan gue. Tiba-tiba aja udah ada design cd single.. Tiba-tiba aja cd single udah diproduksi banyak… tiba-tiba aja gue bikin press release.. tiba-tiba aja lagunya diputer di radio dan masuk chart.. tiba-tiba aja preparation buat bikin klip…

Ini beneran iniiii… Lagu gue beneran dirilisssssss

Ada sensasi aneh dengerin lagu yang gue tulis tiba-tiba gue denger di radio, meskipun udah bertahun-tahun gue denger lagu itu sebelumnya. Apalagi pas liat lagu itu dibawain Melly di sebuah acara tv. Berasa gimanaaaa gitu…

Dan tiba-tiba semua kenangan masa kecil mengapung semua di permukaan… Obsesi yang tiba-tiba tercapai memang tidak bisa dilukiskan rasanya. Alhamdulillah... banyak impian-impian yang dulunya kayaknya mustahil satu demi satu tiba-tiba bisa terwujud… setelah rilis novel, rilis single PERGI!!! ini setidaknya nambah satu pengalaman lagi di curriculum vitae gue :)

And yes, I’m ready to this journey… as a composer… gubraaakkkk. Dan sayangnya… no more ANEKA RIA SAFARI!

(Seperti ditulis Aldi Wirya dalam blog pribadinya)

0 comments: