Music Review: Burlesque (OMPS)

Photo Credit: RCA/ Sony BMG International/ De Line Pictures/ Screen Gems

Artists: Cher, Christina Aguilera
Label: RCA/ Sony BMG International
Release Date: November 19, 2010
Tracks: 10


Burlesque adalah film musikal yang ditulis sekaligus disutradarai oleh Steven Antin. Film ini mengisahkan tentang seorang pelayan yang ingin mengejar impiannya di Los Angeles, dibantu oleh wanita pengelola The Burlesque Lounge, tempat ia bekerja. Film ini bertabur bintang, dimana pemeran utamanya adalah Christina Aguilera dan Cher. Ikut serta mengisi peran adalah nominator Oscar Stanley Tucci, penyanyi Country Julianne Hough, bintang televisi Kristen Bell dan Eric Dane. Ada juga Dianna Agron, si cantik Quinn Fabray dari serial Glee. Film ini premiere di akhir November lalu, saat warga Amerika Serikat merayakan Thanksgiving. Di Indonesia, filmnya sudah special premiere di XXI Gandaria City pada 14 Januari 2011, tapi soundtrack-nya sudah dirilis oleh Sony Music Indonesia sejak November 2010 lalu. Album ini diproduseri oleh produser ternama Tricky Stewart, Linda Perry, dan Ron Fair. Meskipun ada penyanyi lain yang ikutan main di film, hanya Christina Aguilera dan Cher yang kebagian bernyanyi untuk soundtrack-nya.

Christina menyanyikan 8 lagu, dan Cher hanya dua lagu. Secara umum, lagu-lagu Christina di album ini lebih enjoyable daripada lagu-lagunya di album Bionic (2010) yang terlalu eksperimental. Album ini lebih seperti kombinasi lagu-lagu Christina di album Stripped (2002) dan Back to Basics (2006). Christina membawakan dengan baik dua remake lagu Etta James (Something’s Got A Hold On Me dan Tough Lover) dan satu remake dari Mae West (But I Am a Good Girl). Sudah bisa dipastikan kalau warna vokal-nya sangat pas dalam menyanyikan lagu-lagu tersebut.

Welcome to Burlesque, satu nomor dari Cher yang bernuansa kabaret, plus suara Contralto-nya yang berat terasa pas dengan lagu ini. Satu lagu lagi yang dinyanyikan Cher, You Haven’t Seen the Last of Me, ciptaan mega-composer Diane Warren, yang sebelumnya telah mengangkat nama Cher di tahun 90-an dengan lagu If I Could Turn Back Time dan Love and Understanding. Dan lagi-lagi, lagu ini dibawakan dengan sangat baik dan pas oleh Cher. Perfect! Lovely ballad with a heart melting soul in it! Salah satu lagu terbaik di album ini. Lagu terbaik lainnya adalah Bound to You yang mungkin nuansa gloomy-nya menyerupai single Christina sebelumnya, You Lost Me. Dan nama yang didapat adalah Sia Furler dan Sam Dixon sebagai co-writer-nya, bersama dengan Christina tentunya. Bagi yang menyukai balada seperti Beautiful dan Hurt, pasti sangat menyukai lagu ini, yang dibawakan Christina dengan kualitas vokal-nya yang masih prima.

Lagu upbeat yang terdengar playful seperti Express, Beautiful People, Show Me How You Burlesque, cukup mengobati kekangenan fans Christina pada tipe lagu dirty pop dance seperti di album Stripped. Terasa begitu easy listening dan familiar. Apakah filmya sendiri akan sebagus dan sesukses Moulin Rouge! (2001), Dreamgirls (2006), atau Chicago (2002)? Ataukah malah jeblok seperti proyek film para diva yang coba-coba akting seperti Crossroads-nya Britney Spears (2002) dan Glitters-nya Mariah Carey (2001), kita masih harus menyaksikannya dulu nanti setelah film ini tayang di Indonesia. Tentunya, konsep 'new school diva meets old school diva' antara Cher dan Christina yang populer dalam dua generasi yang berbeda, menjadi daya tarik sendiri. Kombinasi lagu-lagu baru dan lama, yang disajikan dengan fresh, membuat album soundtrack ini sangat menghibur, meskipun kita belum menonton filmnya. Akhir kata, show the world how we Burlesque!!!!

Erwin Sagata


(MG/220111)

0 comments: